SMK N 1 Kaligondang Lakukan Pembekalan Pra Kerja

SMK N 1 Kaligondang Lakukan Pembekalan Pra Kerja
Ketua BKK SMK N 1 Kaligondang memberikan pembekalan kepada siswa kelas XII, alumni/kandidat untuk kesiapan kerja

Purbalingga - SMK N 1 Kaligondang melakukan pembekalan pra kerja kepada siswa kelas XII maupun alumni/kandidat dalam rangka kesiapan mengikuti proses rekrutmen kerja secara online sebuah perusahaan perakitan kendaraan roda empat pada Jum'at, (22/1).

Pihak sekolah memberikan bimbingan kepada mereka agar keterserapan di Dudi (Dunia Usaha dan Dunia Industri) lebih tinggi. 

Kepala SMK N 1 Kaligondang, Maryono,  S.Pd., M.Si., mengatakan tujuan diadakan pembekalan prakerja agar siswa setelah lulus bisa diterima bekerja. Sebab tujuan sekolah kejuruan ini untuk membimbing siswa menuju dunia kerja.

“Istilah kami dalam sebuah SMK adalah BMW yakni Bekerja, Melanjutkan/kuliah atau Wirausaha jadi kami membagi dalam 3 kelompok, ” katanya. 

Maryono menyebut prosesnya banyak namun yang pertama didahului dengan instrumen pemetaan mau bekerja, melanjutkan/kuliah atau wirausaha. 

“Kali ini bagi yang mau kerja setelah dipetakan dilakukan pre tes dengan materi psikotes dan model model tes yang diambil dari internet. Setelah itu kita lakukan soft skill dan mereka yang cepat paham dikelompokkan. Kita akan kirimkan nama-nama mereka ke perusahaan yang sudah menjalin MoU dengan sekolah, ” ungkapnya. 

Sementara itu Ketua BKK SMK N 1 Kaligondang, Suwardi, S.Pd mengatakan pada Bulan Januari ini akan ada rekrutmen perusahaan perakitan kendaraan roda empat maka setelah latihan mereka akan diteskan juga di perusahaan tersebut.

“Kandidat yang minat mengikuti tes di perusahaan minimal berusia 18 tahun, “ katanya.

Rencana siswa laki-laki kelas XII jurusan Tekin, alumni/kandidat yang memenuhi kriteria dan memutuskan bekerja akan mengikuti seleksi.

“Yang akan mengikuti seleksi kerja kita bimbing, kita beri pembekalan dengan harapan sampai ke perusahaan yang dituju, ” katanya.

Untuk alumni saat ini sudah banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang cukup bergengsi. Mereka masuk setelah lulus tes sebagai karyawan di PT dan setelah jadi karyawan perusahaan melakukan motivasi untuk adik tingkat.

“Anak-anak yang sudah masuk kerja kita buat grup untuk memotivasi mereka agar bisa menjaga diri berkarakter, santun, dan hormat kepada guru maupun kakak tingkat, ” tambah Suwardi. 

Suwardi mengatakan sebelumnya kegiatan pembekalan yang biasanya diadakan di semester akhir kelas XII. Ada tahapan yang harus mereka lalui, dimulai sejak mereka awal duduk di kelas XII, proses ini berlangsung selama setahun. 

"Adapun tahapannya ada pemetaan, pengolahan data, bimbingan oleh BK jika kesulitan menentukan pilihan untuk konsultasi, sosialisasi dari perusahaan maupun perguruan tinggi, latihan psikotes dan mengikuti pembekalan pra kerja dari cara menyiapkan berkas sampai dengan simulasi wawancara, " katanya. 

“Kami lakukan bimbingan dan pelatihan terprogram karena tujuan utama kami agar alumni nantinya dapat terserap bekerja dan terus meningkat, ” katanya.

(Ratna P)

Jawa Tengah Purbalingga
Ratna Palupi

Ratna Palupi

Previous Article

Lista Gadis Asal Desa Air Gantang Butuh...

Next Article

 Alumni SMP 14 Padang Angkatan 1992 Berbagi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Subhan Riyadi

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 502

Registered: Jan 25, 2021

Bilwadi_wk

Bilwadi_wk

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 151

Registered: Feb 4, 2021

Bram Injana

Bram Injana

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 60

Registered: Feb 20, 2021

Ibnu S. Mattangaran

Ibnu S. Mattangaran

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 63

Registered: Mar 2, 2021

Profle

Bram Injana

Persembahkan Emas di HUT 76 Kemerdekaan Indonesia, Deretan Bonus Menanti 
Generasi Baru Indonesia Komisariat UIN Alauddin Makassar Gelar Aksi Peduli dan Berbagi 
Antoni Ginting Gagal ke Final Cabor Bulutangkis, Fokus Hadapi Gordon 
Perwira Polres Luwu Utara Ini Naik Pangkat AKP, Ini Harapan I Gede Soma

Follow Us

Recommended Posts

Perwira Polres Luwu Utara Ini Naik Pangkat AKP, Ini Harapan I Gede Soma
Polsek Baradatu Ringkus Dua Pelaku Rampas Dompet Sopir Truk di Jalinsum
Koramil 0824/04 Sukowono Bantu Lakukan Patroli Pengawasan Protokol Kesehatan
Koramil 0824/18 Kencong Kawal Pemakaman Protokol Kesehatan Warga Desa Keraton
Hormati Jasa Para Pahlawan, Kasal Perintahkan Pemindahan Makam