SMK N 1 Kaligondang Lakukan Pembekalan Pra Kerja

SMK N 1 Kaligondang Lakukan Pembekalan Pra Kerja
Ketua BKK SMK N 1 Kaligondang memberikan pembekalan kepada siswa kelas XII, alumni/kandidat untuk kesiapan kerja

Purbalingga - SMK N 1 Kaligondang melakukan pembekalan pra kerja kepada siswa kelas XII maupun alumni/kandidat dalam rangka kesiapan mengikuti proses rekrutmen kerja secara online sebuah perusahaan perakitan kendaraan roda empat pada Jum'at, (22/1).

Pihak sekolah memberikan bimbingan kepada mereka agar keterserapan di Dudi (Dunia Usaha dan Dunia Industri) lebih tinggi. 

Kepala SMK N 1 Kaligondang, Maryono,  S.Pd., M.Si., mengatakan tujuan diadakan pembekalan prakerja agar siswa setelah lulus bisa diterima bekerja. Sebab tujuan sekolah kejuruan ini untuk membimbing siswa menuju dunia kerja.

“Istilah kami dalam sebuah SMK adalah BMW yakni Bekerja, Melanjutkan/kuliah atau Wirausaha jadi kami membagi dalam 3 kelompok, ” katanya. 

Maryono menyebut prosesnya banyak namun yang pertama didahului dengan instrumen pemetaan mau bekerja, melanjutkan/kuliah atau wirausaha. 

“Kali ini bagi yang mau kerja setelah dipetakan dilakukan pre tes dengan materi psikotes dan model model tes yang diambil dari internet. Setelah itu kita lakukan soft skill dan mereka yang cepat paham dikelompokkan. Kita akan kirimkan nama-nama mereka ke perusahaan yang sudah menjalin MoU dengan sekolah, ” ungkapnya. 

Sementara itu Ketua BKK SMK N 1 Kaligondang, Suwardi, S.Pd mengatakan pada Bulan Januari ini akan ada rekrutmen perusahaan perakitan kendaraan roda empat maka setelah latihan mereka akan diteskan juga di perusahaan tersebut.

“Kandidat yang minat mengikuti tes di perusahaan minimal berusia 18 tahun, “ katanya.

Rencana siswa laki-laki kelas XII jurusan Tekin, alumni/kandidat yang memenuhi kriteria dan memutuskan bekerja akan mengikuti seleksi.

“Yang akan mengikuti seleksi kerja kita bimbing, kita beri pembekalan dengan harapan sampai ke perusahaan yang dituju, ” katanya.

Untuk alumni saat ini sudah banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang cukup bergengsi. Mereka masuk setelah lulus tes sebagai karyawan di PT dan setelah jadi karyawan perusahaan melakukan motivasi untuk adik tingkat.

“Anak-anak yang sudah masuk kerja kita buat grup untuk memotivasi mereka agar bisa menjaga diri berkarakter, santun, dan hormat kepada guru maupun kakak tingkat, ” tambah Suwardi. 

Suwardi mengatakan sebelumnya kegiatan pembekalan yang biasanya diadakan di semester akhir kelas XII. Ada tahapan yang harus mereka lalui, dimulai sejak mereka awal duduk di kelas XII, proses ini berlangsung selama setahun. 

"Adapun tahapannya ada pemetaan, pengolahan data, bimbingan oleh BK jika kesulitan menentukan pilihan untuk konsultasi, sosialisasi dari perusahaan maupun perguruan tinggi, latihan psikotes dan mengikuti pembekalan pra kerja dari cara menyiapkan berkas sampai dengan simulasi wawancara, " katanya. 

“Kami lakukan bimbingan dan pelatihan terprogram karena tujuan utama kami agar alumni nantinya dapat terserap bekerja dan terus meningkat, ” katanya.

(Ratna P)

Jawa Tengah Purbalingga
Ratna Palupi

Ratna Palupi

Previous Article

Lista Gadis Asal Desa Air Gantang Butuh...

Next Article

 Alumni SMP 14 Padang Angkatan 1992 Berbagi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Siswandi

Junaidi

Junaidi

Postingan Bulan ini: 15

Postingan Tahun ini: 115

Registered: Jan 24, 2021

Subhan Riyadi

Subhan Riyadi

Postingan Bulan ini: 14

Postingan Tahun ini: 183

Registered: Jan 23, 2021

Bilwadi_wk

Bilwadi_wk

Postingan Bulan ini: 11

Postingan Tahun ini: 111

Registered: Feb 4, 2021

Yudi Hutriwinata

Yudi Hutriwinata

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 33

Registered: Mar 31, 2021

Profle

Junaidi

MK Mengeluarkan Pemberitahuan Sidang Mengadili Perkara PSU Pilkada Kabupaten Labuhanbatu 2020
Polemik Atas SK KPUD Labuhanbatu Tentang Paslon Terpilih Tahun 2020, DPP LSM CIFOR Akan Sikapi Sesuai UU
Warga Rantauprapat Meninggal Diduga Infeksi Covid-19 Langsung Di Kebumikan Tim Gugus Tugas Malam Hari
Tim Pemenangan Nomor Urut 3 ASRI Desak Ketua DPRD Labuhanbatu Menunda Hasil Penetapan KPU
banner

Follow Us

Recommended Posts

Hari Kearsipan ke-50 Tahun Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital
DPP IKB ALUMNI UBH Imbau Seluruh Alumni Sholat Ied di Masjid
Danramil 01/AK Kodim 0209/LB, Berbagi Kepada Anak-Anak Yatim Kecamatan Kualuh Selatan
Perhatian Khusus Dandim 0209/LB Kepada Personelnya Di Hari Raya Idul Fitri

Random Posts