Sandiaga Uno: Kemenparekraf Kolaborasi Majukan Pariwisata Nasional Gandeng INACA

Sandiaga Uno: Kemenparekraf  Kolaborasi Majukan Pariwisata Nasional  Gandeng INACA
Menteri Sandiaga Uno menilai bahwa INACA dan Kemenparekraf dapat diistilahkah sebagai dua teman sejati yang saling mendukung

JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Niaga Nasional Indonesia/INACA dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi memajukan pariwisata di Indonesia untuk menggairahkan kembali sektor transportasi dan pariwisata yang sangat terpukul akibat COVID-19.

Pada pertemuan virtual antara Pengurus INACA dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berserta para Deputi di Kemenparekraf, Ketua INACA Denon Prawiraatmadja menjelaskan bahwa untuk dapat mendatangkan wisatawan diperlukan kekompakan dan keterlibatan antar semua komponen yang ada dalam sektor ini, dimana pihaknya mendefinisikan hal tersebut dengan 4 A yaitu Airlines, Airport, AirNav dan Authority.

"Di masa-masa sulit seperti ini kami terus mencari terobosan agar tetap bisa bertahan dan membangun kepercayaan serta keyakinan para calon penumpang untuk tetap mau melakukan perjalanan wisata atau bisnis dengan menggunakan transportasi udara. Bersyukur komponen dari 4 A tersebut bahu membahu sehingga sedikit demi sedikit kami berhasil mengembalikan kepercayaan masyarakat, " kata Denon dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Dijelaskan olehnya beberapa program yang juga mendapatkan dukungan dari Authority, yang dalam hal ini Pemerintah yaitu Safe Travel Campaign.

Dalam kegiatan tersebut INACA berserta anggotanya telah berkeliling daerah untuk mengkampanyekan kalau pesawat merupakan tempat yang paling aman dari virus COVID-19. Hal ini di dalam pesawat menggunakan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang mampu menyaring udara dengan efektivitas 99, 99 persen. Sistem ini memastikan udara di dalam pesawat berganti dan difilter setiap 2-3 menit, dan sistem serupa diterapkan di rumah sakit.

Denon juga berhadap di tahun ini, setelah vaksin disuntikkan kepada masyarakat, Pemerintah melalui Kemenparekraf dapat bekerjasama dengan INACA seperti memberikan insentif kepada masyarakat yang ingin berwisata menggunakan transportasi udara. Hal ini dipandang sangat penting agar masyarakat dapat melakukan kegiatan penerbangan untuk berlibur atau berbisnis.

"Quick win INACA dan Kemenparekraf di Tahun ini dalam jangka pendek adalah menempelkan logo Wonderful Indonesia di seluruh maskapai anggota INACA. Saya berharap ini sebagai tonggak pertama yang bisa kita lakukan bersama untuk mendukung pariwisata nasional kita, " katanya.

Menteri Sandiaga Uno menilai bahwa INACA dan Kemenparekraf dapat diistilahkah sebagai dua teman sejati yang saling mendukung dan menolong satu dengan lainnya jika salah satunya terkena musibah. Selain itu, maskapai merupakan faktor penting dan fundamental dalam mendorong kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Penerbangan sangat berpengaruh untuk menggerakkan sektor pariwisata di Tanah Air. Tidak hanya itu, dengan banyak masyarakat yang berwisata sektor pendukung pariwisata juga akan ikut tumbuh, seperti hotel, restoran hingga ekonomi kreatif. Terlebih saat ini wisatawan domestik akan menjadi tumpuan hingga 6 sampai 9 bulan ke depan, " katanya.

Sandiaga juga mengatakan dirinya sangat mengharapkan kolaborasi yang baik dengan INACA, sebab hingga saat ini lebih dari 30 juta masyarakat menggantungkan mata pencariannya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Karenanya Pemerintah akan mencoba mencari terobosan kerja sama terbaik dengan INACA, yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat Indonesia.

"Saya secara berterimakasih kepada INACA yang telah membuat Safe Travel Campaign untuk menggerakkan sektor wisata dan ini kedepannya harus kita lanjutkan secara masif dan berkesinambungan. Pandemi COVID-19 ini butuh pemikiran yang besar bahkan diperlukan kolaborasi yang kolosal lintas sektor dan lintas lembaga. Karena saya juga minta Kedeputian yang ada di Kemenparekraf untuk menjalin kerjasama dengan INACA. Dengan adanya kerjasama tersebut kita dapat membangkitkan sektor pariwisata dan transportasi di Tanah Air, " katanya.

Sandiaga juga mengharapkan kolaborasi antara INACA dan Kemenparekraf untuk dapat menggerakkan sektor pariwisata dan transportasi dengan menggunakan metode 3 G dan 4 K, yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap Semua Potensi). Sedangkan 4 K adalah Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Keberlanjutan Lingkungan.

"Kami berharap INACA juga membantu kami mendorong berkembangnya tidak hanya lima Destinasi Super Prioritas yaitu Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo. Juga destinasi unggulan lainnya seperti Belitung, Wakatobi, Banyuwangi, Tora Raja, Morotai, Raja Ampat dan lain sebagainya, " kata Sandiaga

BANDUNG
Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Previous Article

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan...

Next Article

Taman Wisata Candi (TWC) Tetap Beroperasi

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Subhan Riyadi

Subhan Riyadi

Postingan Bulan ini: 71

Postingan Tahun ini: 649

Registered: Jan 23, 2021

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 61

Postingan Tahun ini: 115

Registered: Jan 20, 2021

Asridal

Asridal verified

Postingan Bulan ini: 50

Postingan Tahun ini: 239

Registered: Aug 25, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 44

Postingan Tahun ini: 239

Registered: Jan 24, 2021

Profle

Ibnu S. Mattangaran

Putri Dakka Resmi Nakhodai DPD Nasdem Luwu Utara, Ini Program Pertamanya
Gratis Balik Nama dan Diskon Pajak Kendaraan di Samsat Luwu Utara
Tahun 2021, Ada 399 Duda-Janda Baru di Luwu Utara. Ini Penyebab Terbanyak
Kepala Cabang Telkom Wi-Fi Barru Minta Dicopot, Tidak Bertanggung Jawab Insiden Ini !

Follow Us

Recommended Posts

Babinsa Rubaru Ajak Masyarakat Kerja Bakti Bersihkan Jalan dari rumput dan ranting
Kapolda Jambi Apresiasi Kinerja Polres Bungo Sukseskan Vaksinasi Covid-19
Vaksinasi Terus Berjalan, Babinsa Bersama Babinkamtibmas Lakukan Pendampingan
Koramil 0826-06 Pademawu, Gelar Vaksinasi Door To Door Warga Kelurahan Lada
Permudah Warga, Satgas Covid-19 Kecamatan Sapeken Gencarkan Vaksinasi Door to Door