Mulyanto Minta Penggunaan Bahan Baku Dalam Negeri PT Kalbe Ditingkatkan

    Mulyanto Minta Penggunaan Bahan Baku Dalam Negeri PT Kalbe Ditingkatkan
    Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto

    KARAWANG - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyampaikan sejumlah upaya agar bisa meningkatkan penggunaan bahan baku dalam negeri untuk hasil produksi industri PT Kalbe. Mulyanto menyoroti salah satu bahan baku yang banyak digunakan adalah susu, namun produksi susu dalam negeri masih cukup lemah.

    “Produksi dari Kalbe ini sudah bagus, namun penggunaan bahan baku produk, seperti susu, masih banyak menggunakan impor. Laju pertumbuhan industri mencapai empat persen, sementara suplai bahan baku dalam negeri, pertumbuhannya satu persen. Artinya, semakin hari, impor bahan baku susu makin meningkat, ” papar Mulyanto usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VII DPR RI dengan direksi PT Kalbe Morinaga Indonesia dan PT Kalbe Nutritionals di Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Rabu (11/5/2022).

    Mulyanto turut menyoroti lemahnya peternakan dalam negeri sehingga menyebabkan minimnya produksi susu sebagai salah satu bahan baku dari produksi industri Kalbe.

    “Peternakan lemah karena soal pangannya, pakan ternak yang lemah. Beda dengan Australia yang memiliki range yang besar, sedangkan Indonesia cenderung kecil sehingga pakannya juga terbatas. Kecuali mungkin di sejumlah wilayah yang punya lahan luas, seperti di Nusa Tenggara Barat (NTB), ” jelas Mulyanto.

    Mulyanto memastikan Komisi VII DPR akan mengundang Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk melakukan rapat gabungan guna mencari solusi dan strategi dalam meningkatkan pakan ternak dan peternakan di Indonesia.

    “Dengan itu, perlahan-lahan kita bisa mereduksi impor kita, sehingga ke depannya kita bisa swasembada, itu lah yang kita harapkan, ” pungkas Mulyanto.

    Selain perihal impor bahan baku, Mulyanto juga menyoroti keterlibatan tenaga kerja lokal atau setempat di PT. Kalbe. “Pelibatan masyarakat setempat itu juga penting, karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal, ” ungkap politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

    Diketahui, karena PT Kalbe Morinaga Indonesia dan PT Kalbe Nutritionals merupakan industri yang baru saja pindah dari Cakung, maka pekerja yang digunakan juga masih merupakan pekerja dari pusat. Namun, Mulyanto berharap agar ke depannya perekrutan pegawai baru dilakukan melalui penduduk setempat.

    “Bersamaan dengan pertumbuhan pabrik ini, nanti akan dilakukan perekrutan pegawai baru. Kami harapkan pegawai barunya nanti harus dari penduduk setempat, wajib, ” tutup Mulyanto. (ica/sf)

    Mulyanto DPR RI KOMISI VII PKS
    Updates

    Updates

    Artikel Sebelumnya

    Yan Permenas: Pelantikan Lima Pj Gubernur...

    Artikel Berikutnya

    Rifqinizamy Karsayuda: Komisi II Akan Cermati...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 197

    Postingan Tahun ini: 2012

    Registered: Jul 17, 2020

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 174

    Postingan Tahun ini: 1393

    Registered: May 25, 2021

    BASORY WIJAYA

    BASORY WIJAYA verified

    Postingan Bulan ini: 115

    Postingan Tahun ini: 570

    Registered: Oct 11, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 100

    Postingan Tahun ini: 379

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Muh Hasyim Hanis, SE, S.Pd verified

    Kadis Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Sikapi Dan Tanggap Informasi Hipatitis Akut Yang Mematikan, LPA Kabupaten Labuhanbatu Koordinasi Dan Apresiasi
    Penyakit Mulut dan Kuku Serang Hewan Ternak Warga Jawa Timur, DPRD Sumut Minta Gubernur Sumatera Utara Lakukan Antisipasi
    Halal Bihalal Keluarga Besar Kodam IV/Diponegoro, Pangdam: Guyub Rukun, Saling Tolong Menolong Ada Permasalahan Saling Bantu
    Anggota SPKS Nasional minta DPRD Paser Awasi Pelaksanaan Perda  No.9 Tahun 2018Anggota SPKS Nasional minta DPRD Paser Awasi Pelaksanaan Perda  No.9 Tahun 2018

    Follow Us

    Recommended Posts

    Setelah di Sungai Sapih Padang, Kini Seekor Buaya Ditemukan di Aliran Sungai Batang Anai Padang Pariaman
    Sail Tiddore Direncanakan Digelar November Mendatang, Anggarannya Masih Dalam Tanda Tanya
    Presiden Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Minyak Goreng di Pasar
    5 Pelaku Pelaku Sabung  Ayam Dilimpahkan JPU Makale
    Polsek dan Koramil Cikakak Lakukan Pencarian Pemancing Yang Hilang di Sungai