Bantu Warga Desa Terpencil Peroleh Akses Internet, Diskominfo Aceh Tengah Pasang Jaringan Intranet

Bantu Warga Desa Terpencil Peroleh Akses Internet, Diskominfo Aceh Tengah Pasang Jaringan Intranet

TAKENGON - Menyahuti permintaan masyarakat kampung terpencil untuk dapat mengakses jaringan telekomunikasi digital dan internet, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Aceh Tengah terus berupaya masksimal agar keinginan masyarakat tersebut bisa segera terpenuhi. Seperti keinginan masyarakat di Kampung Serule dan Atu Payung di Kecamatan Bintang yang sampai saat ini masih kesulitan mengakses jaringan telekomunikasi, pihak Dinas Kominfo sebenarnya sudah lama merangkul APJII (Asosiasi Pengelola Jasa Internet Indonesia) untuk dapat memasang sarana prasarana telekomunikasi di daerah ini, namun sampai dengan saat ini, belum bisa terealisasi.

Sementara kebutuhan akan akses telekomunikasi digital dan internet semakin dirasakan oleh masyarakat setempat, Dinas Kominfo mencoba memberikan solusi dengan pesangana jaringan intranet milik pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk memenuhi kebutuhan jaringan di daerah yang tergolong terpencil tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah, Khairuddin, ST, MM atau yang akrab dipanggil Yoes ini, pemasangan intranet di kawasan Serule ini dilakukan setelah pihaknya beberapa kali melakukan survei lapangan di beberapa titik di kawasan tersebut.

Yoes menjelaskan, meski dengan jangkauan terbatas, pesangan tower intranet di kawasan ini nantinya akan mampu memenuhi kebutuhan jaringan di daerah ini.

“Berdasarkan survei lapangan yang telah kami lakukan beberapa kali pada tahun lalu, kami menganggap pemasangan tower dan jaringan di kawasn ini akan mampu menjadi solusi kebutuhan jaringan telekomunikasi dan internet di daerah yang tergolong terpencil ini, memang jangkauan intranet memiliki keterbatasan area, namun karena kawasan ini juga tidak terlalu luas, Insya Allah akan bisa terjangkau semuanya dengan pesangan intarnet ini, ” ungkap Yoes, Rabu (13/1/2021) usai memantau persiapan pemasangan tower intranet pada titik Km 123 Serule, Bintang.

Penentuan lokasi pemasangan tower yang akan dilakukan beberapa hari ke depan, diharapkan akan mampu menjawab permintaan masyarakat setempat akan akses internet yang selama ini belum terpenuhi oleh operator komersil. Dengan jangkauan radius kurang lebih satu kilometer persegi, jaringan intranet ini akan mampu menjangkau hampir seluruh Kampung Serule dan Atu Payung, sehingga mampu menjawab keluhan masyarakat selama ini.

Jaringan intranet yang akan dipasang di kawasan ini merupakan jaringan intranet  milik pemerintah kabupaten Aceh Tengah yang pada awal pesangannya di semua SKPK bertujuan untuk meperkuat sinyal dan layanan internet pada instansi pemerintah lingkup Pemkab Kabupaten Aceh Tengah. Namun dengan telah terpasangnya jaringan kabel fiber optik di seputaran Kota Takengon, jaringan intranet tersebut bisa dialihkan untuk membantu masyarakat di daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau jaringan operator swasta, untuk dapat mengakses layanan internet.

Kepada masyarakat di sekitar lokasi pemasangan tower intranet, Yoes berpesan agar dapat bersama-sama menjaga keselamtan sarana dan prasarana intranet tersebut, karena keberadaannya sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Kepada bapak ibu dan para pemuda di kampung Serule dan Atu Payung, kami mengharapkan kersasamanya untuk sama-sama menjaga keselamatan peralatan ini, karena ini adalah milik kita bersama dan manfaatnyapun bapak ibu sekalian yang akan merasakannya, ” pesan Yoes. (fathan Muhammad Taufiq/MC Aceh Tengah)

INTERNET ACEH TAKENGON
banner
Muhammad Rafico Tiyandri

Muhammad Rafico Tiyandri

Previous Article

Pastikan Tepat Sasaran, Pemerintah Integrasikan...

Next Article

Taman Wisata Candi (TWC) Tetap Beroperasi

Related Posts

Peringkat

Profle

Subhan Riyadi

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 31

Postingan Tahun ini: 394

Registered: Jan 25, 2021

Bilwadi_wk

Bilwadi_wk

Postingan Bulan ini: 9

Postingan Tahun ini: 131

Registered: Feb 4, 2021

Yudi Hutriwinata

Yudi Hutriwinata

Postingan Bulan ini: 9

Postingan Tahun ini: 52

Registered: Mar 31, 2021

Ibnu S. Mattangaran

Ibnu S. Mattangaran

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 42

Registered: Mar 2, 2021

Profle

Junaidi

Kabar Gembira Bagi Warga Luwu Utara, Ada Penghapusan Denda Pajak Kendaraan
Kadis Pendidikan Luwu Utara Klaim Kepemilikan Lahan SDN Pombuntang, Kuasa Hukum Subiati : Itu Sertifikat Hak Pakai !
Tahan Imbang Pemain Muda Pra PORPROV Luwu Utara, Kapten All Star Ungkap Hal Ini
Paslon ASRI Di Terpa Fitnah Dan Berita Hoaks Jelang PSU Jilid II Pilkada Labuhanbatu
banner

Follow Us

Recommended Posts

LKG Gelar Haul Raja Gowa Sultan Hasanuddin ke-351
Paslon ASRI Di Terpa Fitnah Dan Berita Hoaks Jelang PSU Jilid II Pilkada Labuhanbatu
Kegiatan Bimtek Pekon Se Kabupaten Lampung Barat Dipertanyakan, Ini Jawaban Komisi 1 DPRD Kabupaten Lambar Dan LSM PKN RI
Ketum PWRI  Dr. Suriyanto PD : Pembakaran Rumah Wartawan di Binjai Tindakan Biadab dan Tidak Bermoral
Kasie Pelayanan Tahanan Rutan Kelas l Labuhan Control WBK

Random Posts